Transaksi Makin Mudah dengan Kartu Kredit BRI

Posted on

Kartu Kredit BRI adalah alat pembayaran berupa kartu yang dikeluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia. Seperti konsep kartu kredit pada umumnya, pembayaran kartu kredit dilakukan dengan sistem pemberian pinjaman. Oleh karena itu, nasabah pemegang kartu kredit BRI wajib melakukan pembayaran atau pelunasan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Berapa Biaya Bulanan Kartu Kredit BRI?

kartu kredit bri

Biaya bulanan kartu kredit disesuaikan dengan jenis kartu kredit yang Anda miliki. Biaya iuran tahunan untuk pemegang kartu BRI Easy Card pertama adalah 250 ribu rupiah dan pemegang kartu tambahan adalah 125 ribu rupiah. Jenis kartu kredit Platinum dan Wonderful Indonesia dikenakan iuran tahunan 600 ribu rupiah untuk pemegang kartu utama dan 300 ribu rupiah untuk pemegang kartu tambahan. Jenis kartu kredit JCB Platinum memiliki iuran tahunan 300 ribu rupiah untuk pemegang pertama dan 150 ribu rupiah untuk pemegang kartu tambahan.

Jenis kartu kredit BRI World Access memiliki iuran tahunan 1 juta rupiah untuk pemegang utama dan 500 ribu rupiah untuk pemegang tambahan. Jenis kartu kredit BRI Corporate Card memiliki iuran tahunan 250 ribu rupiah. Sedangkan jenis kartu BRI Infinite memiliki iuran tahunan 2,4 juta rupiah. Selain jenis kartu di atas, Anda juga dapat melakukan pengajuan pada jenis kartu kredit Bank Syariah.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Kredit BRI?

Pengajuan kartu kredit dapat Anda lakukan dengan syarat usia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan minimal sesuai yang telah ditetapkan oleh BRI yaitu, setidaknya 3 juta rupiah per bulan. Apabila memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda dapat melakukan pengajuan kartu kredit BRI secara online maupun datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Pengajuan secara online dapat Anda lakukan melalui pranala https://kartukredit.bri.co.id/apply. Jangan lupa persiapkan persyaratan pengajuan seperti, fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji, dan juga Surat Keterangan Penghasilan.

Apa Bedanya Kartu Kredit dan Kartu ATM?

Kartu ATM adalah kartu yang diterbitkan oleh bank yang dapat digunakan untuk mengakses ATM (Automatic Teller Machine). Kartu ATM kerap kali digunakan untuk menyebut kartu debit. Penyebutan tersebut disesuaikan dengan penggunaannya. Apabila kartu debit digunakan untuk penarikan pada ATM, maka disebut dengan kartu ATM.

Kartu ATM atau kartu debit berbeda dengan kartu kredit. Perbedaan tersebut terletak pada sumber dana yang digunakan. Pembayaran atau penarikan uang pada kartu debit berasal dari saldo tabungan yang dimiliki oleh nasabah. Sedangkan pembayaran atau penarikan uang pada kartu kredit berasal dari dana pinjaman yang diberikan oleh nasabah yang harus dibayarkan pada waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana Cara Pembayaran Kartu Kredit BRI?

Pembayaran tagihan kartu kredit BRI lebih baik Anda lakukan sebelum tanggal jatuh tempo. Hal tersebut dilakukan guna menghindari bunga berjalan yang cukup besar. Pembayaran tagihan kartu kredit sendiri dapat Anda lakukan secara penuh ataupun dengan sistem cicilan. Akan tetapi, pembayaran dengan sistem cicilan biasanya akan membuat Anda dikenakan bunga tambahan oleh bank. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda melakukan pembayaran dengan sistem penuh.

Pembayaran dapat Anda lakukan dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat, melalui mesin ATM, SMS Banking, Mobile Banking, atau Internet Banking. Pembayaran melalui mesin ATM, Internet Banking atau Mobile Banking dapat Anda lakukan pada menu Pembayaran, kemudian pilih Kartu Kredit. Selanjutnya isi jumlah pembayaran dan juga nomor kartu kredit Anda.

Bisakah Membuat Kartu Kredit BRI Tanpa Slip Gaji?

Salah satu syarat pengajuan kartu kredit adalah dengan menyertakan slip gaji. Akan tetapi, apabila Anda tidak memiliki slip gaji, Anda dapat menggantinya dengan rekening koran atau dengan bukti kepemilikan kartu kredit lain. Apabila catatan kartu kredit Anda sebelumnya menunjukkan pembayaran yang lancar, pihak bank dapat menjadikan bukti tersebut sebagai jaminan.

Berapa Lama Pengiriman Kartu Kredit BRI?

Waktu normal pengiriman fisik kartu kredit BRI adalah 3 hingga 5 hari pada hari kerja. Akan tetapi, waktu pengiriman kartu kredit akan memakan waktu lebih lama apabila terdapat banyak pengajuan kartu kredit dari nasabah.

Berapa Persen Bunga Kartu Kredit BRI?

Bank BRI memberlakukan bunga 2,25% setiap bulannya kepada nasabah pemegang kartu kredit. Bunga tersebut juga berlaku untuk setiap penarikan tunai yang Anda lakukan melalui ATM. Selain itu, bunga tersebut akan dilipatgandakan apabila Anda memiliki transaksi jatuh tempo yang belum Anda bayar.

Berapa Limit Kartu Kredit BRI?

Besar limit kartu kredit BRI disesuaikan dengan jenis kartu kredit BRI yang Anda miliki. Berikut adalah masing-masing limit pada setiap jenis kartu kredit. Jenis kartu kredit BRI Easy Card memiliki limit awal 3 juta hingga 25 juta rupiah. Jenis kartu kredit BRI Platinum memiliki limit awal 25 juta rupiah hingga 50 juta rupiah. Jenis kartu kredit BRI JCB Platinum dan BRI Wonderful Indonesia memiliki limit awal 15 juta hingga 75 juta rupiah.

Jenis kartu kredit BRI World Acces memiliki limit awal 50 juta hingga 1 miliar rupiah. BRI Business Card memiliki limit awal mulai dari 5 juta rupiah. Jenis kartu kredit BRI Infinite memiliki limit 150 juta hingga 1 miliar rupiah. Jenis BRI Corporate Card memiliki limit 5 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah. Sedangkan untuk jenis kartu BRI Touch memiliki limit awal 5 juta rupiah hingga 50 juta rupiah. Untuk pemegang kartu kredit BRI Touch sendiri akan mendapatkan promo merchant. Promo Kartu Kredit BRI tersebut berlaku di merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit BRI Touch.

Apakah Ibu Rumah Tangga Bisa Memiliki Kartu Kredit BRI?

Pengajuan kartu kredit dapat dilakukan dengan menunjukkan salah satunya Surat Keterangan Penghasilan. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak dugaan bahwa kartu kredit hanya dapat digunakan oleh karyawan ataupun pengusaha berpenghasilan. Akan tetapi, pengajuan kartu kredit juga dapat dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga. Dengan syarat, memiliki saldo tabungan yang mengendap, memiliki arus kas yang aktif, serta memiliki rekening deposito.

Baca juga : Call Center BRI, Atasi Keluhan Nasabah 24 Jam Sehari

Apakah Kartu Kredit BRI Bisa Tarik Tunai?

Kartu kredit dapat Anda gunakan untuk penarikan tunai. Akan tetapi, penarikan tunai dengan menggunakan kartu kredit cenderung dihindari oleh nasabah pemegang kartu kredit. Hal tersebut dilakukan guna menghindari tingginya biaya tarik tunai beserta bunga tarik tunai yang dibebankan pada nasabah pemegang kartu kredit setiap kali melakukan penarikan tunai. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan penarikan tunai saat berada dalam kondisi darurat saja.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kartu kredit BRI yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengajuan ke bank.

Gravatar Image
Fokus di dunia jurnalistik, Memiliki hobi menulis dan juga sibuk menjadi freelance di salah satu media online di indonesia.