Kartu Kredit BNI, Memudahkan Pembayaran dalam Segala Urusan

Posted on

Kartu Kredit BNI adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT Bank Negara Indonesia (BNI) guna memudahkan pembayaran yang dilakukan oleh nasabah. Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran pengganti dari uang tunai.

kartu kredit BNI

Berbeda halnya dengan kartu debit, uang yang ditarik dari kartu kredit merupakan uang yang dipinjamkan oleh bank bersangkutan, bukan dari rekening tabungan nasabah. Oleh karena itu, nasabah memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atau pelunasan pada waktu yang telah disepakati kedua belah pihak, baik dengan angsuran atau sekaligus.

Apa Jenis Kartu Kredit BNI?

BNI memberikan banyak pilihan jenis kartu kredit yang dapat dipilih oleh nasabahnya. Penawaran kartu kredit BNI tersebut tentunya diberikan kepada nasabahnya untuk memberikan keleluasaan lebih. Jenis kartu kredit yang disediakan oleh BNI sendiri terdiri atas beberapa kategori yaitu, Kartu Reguler, Co-Branding Card, Affinity Card, Corporate Card, Business Card, dan juga Kartu Tunai.

Kartu kredit yang termasuk dalam Kartu Reguler terdiri atas BNI Visa Infinite, BNI MasterCard World, BNI Visa Signature, BNI Visa Platinum, BNI JCB Precious, BNI Style Titanium, serta BNI Silver & Gold Card. Sedangkan untuk kategori Co-Branding Card terdiri atas Garuda BNI Card, BNI Lottemart Card, BNI Pertamina Card, BNI Sumsel Babel, BNI Bank BJB, dan BNI Telkomsel Card. Kemudian untuk Affinity Card terdiri atas BNI WWF Card, BNI HOG Card, BNI Bike to Work Card, BNI CSA Card, BNI UI Card, BNI GAMA Card, BNI ITB Card, BNI IKANAS STAN Card, serta BNI Affinity Card. Untuk Business Card, BNI menyediakan BNI American Express Business Card.

Berapa Limit Kartu Kredit BNI?

Masing-masing jenis kartu kredit BNI memiliki limit yang berbeda. Misalnya, BNI WWF VISA Platinum memiliki limit 75 juta rupiah, BNI Silver MasterCard memiliki limit bulanan 7 juta rupiah, BNI Visa Gold memiliki limit bulanan 4 juta hingga 20 juta rupiah, BNI Master Card Gold dan Visa Gold memiliki limit kredit bulanan 30 juta rupiah, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit BNI?

Pengajuan kartu kredit BNI dapat Anda lakukan dengan mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengajuan secara online melaluiĀ  https://www.bni.co.id/creditcard/id-id/produk/produkkartukreditbni. Pada laman tersebut, Anda akan disajikan beberapa pilihan jenis kartu kredit yang dapat Anda pilih. Pilih jenis kartu kredit yang Anda inginkan kemudian klik Apply. Setelah itu, Anda akan disajikan persyaratan pembuatan beserta biaya kartu kredit, klik Lanjut pada tampilan tersebut. Selanjutnya, masukkan data diri Anda pada form yang telah disediakan secara lengkap. Jika sudah, klik Submit dan data diri Anda akan tersimpan.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, dalam jangka waktu 1 hingga 2 minggu, Anda akan dihubungi oleh petugas BNI untuk verifikasi dan pengecekan kelengkapan data. Oleh karena itu, pastikan Anda menerima panggilan tersebut. Pasalnya, apabila pihak BNI gagal menghubungi Anda dalam 2 atau 3 kali, maka pengajuan Anda akan dianggap gagal.

Berapa Kartu Kredit BNI Silver Limitnya?

Kartu kredit BNI Silver memiliki dua macam pilihan yaitu, BNI Visa Silver dan juga BNI MasterCard Silver. Tidak ada perbedaan persyaratan pengajuan serta dokumen dalam pengajuan kedua jenis kartu kredit tersebut. Baik BNI Visa Silver maupun BNI MasterCard Silver memiliki limit kredit minimal 3 Juta rupiah dengan bunga per tahun 26,95% dan iuran tahunan 120 ribu rupiah.

Berapa Limit Kartu Kredit BNI Gold?

Sama halnya dengan kartu BNI Silver, kartu kredit BNI Gold terdiri atas BNI Visa Gold dan BNI MasterCard Gold. Kedua jenis kartu tersebut memiliki limit minimal 7 juta rupiah dengan iuran tahunan 250 ribu rupiah. Pengajuan kartu jenis ini dapat Anda lakukan apabila memiliki penghasilan minimal 45 juta rupiah per tahun atau 3,75 juta rupiah per bulan.

Berapa Limit Kartu Kredit BNI Platinum?

Limit kartu kredit yang ditawarkan pada jenis kartu kredit Platinum jauh lebih besar dibandingkan dengan kartu kredit Silver atau Gold. Jenis kartu kredit ini memberikan limit minimal 30 juta rupiah dengan limit maksimal adalah 1 miliar rupiah. Iuran tahunan yang harus Anda bayarkan untuk Kartu Kredit Platinum adalah 600 ribu rupiah dengan bunga per tahun 26,95 persen.

Berapa Biaya Kartu Kredit BNI?

Kartu Kredit BNI memberlakukan biaya dan perhitungan bunga dalam setiap pengajuan kartu kredit. Biaya tersebut terdiri atas iuran tahunan, bunga belanja, dan bunga penarikan tunai. Setiap jenis kartu kredit memiliki perhitungan biaya serta bunga yang berbeda. Iuran tahunan kartu utama yang diberlakukan BNI memiliki kisaran antara 120 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah.

Sedangkan untuk pemegang kartu tambahan iuran yang dikenakan adalah 60 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah. Iuran tersebut disesuaikan dengan jenis kartu kredit yang dimiliki oleh nasabah. Sementara itu, biaya belanja serta penarikan tunai yang diberlakukan oleh BNI masing-masing adalah 2% per bulan atau 24% per tahun.

Apa Manfaat Kartu Kredit?

Banyak nasabah cenderung menghindari penggunaan kartu kredit. Hal tersebut dikarenakan ketakutan akan beban pembayaran atau pelunasan kartu kredit yang dianggap cukup menyulitkan. Padahal, apabila kartu kredit digunakan secara bijak, penggunaan kartu kredit akan memberikan banyak keuntungan. Keuntungan kartu kredit BNI diantaranya adalah, memberikan pinjaman murah saat kondisi mendesak, memberikan keamanan dalam belanja online karena transaksi dapat dibatalkan jika terdapat indikasi penipuan, memberikan catatan pengeluaran yang jelas, memberikan banyak diskon saat belanja, memberikan reward untuk jalan-jalan murah, memberikan kemudahan pembayaran di luar negeri, serta memberikan diskon makan di restoran, isi BBM, salon, dan sebagainya. Selain itu, kartu kredit juga lebih praktis dan aman untuk digunakan.

Berapa Bunga Cicilan Kartu Kredit BNI?

Salah satu keuntungan dari penggunaan kartu kredit BNI adalah Anda dapat mengubah pembayaran dari yang semula penuh atau sekaligus menjadi cicilan. Pembayaran kartu kredit BNI cicilan banyak dipilih oleh nasabah karena cenderung meringankan. Untuk mengubah sistem pembayaran Anda menjadi cicilan, Anda dapat menghubungi Call Center BNI.

Baca juga : 8 Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit BCA dan Jenis-jenisnya

Dalam sistem pembayaran cicilan, BNI menetapkan bunga cicilan yang disesuaikan dengan periode cicilan dan juga minimum transaksi yang dilakukan. Bunga cicilan yang ditetapkan oleh BNI rata-rata adalah 0,7% per bulan hingga 0,8% per bulan dengan periode cicilan 3 bulan hingga 24 bulan. Sedangkan minimum transaksi yang dikehendaki berkisar antara 1 juta rupiah hingga 1,5 juta rupiah.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kartu kredit BNI yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengajuan kartu kredit ke bank.

Gravatar Image
Fokus di dunia jurnalistik, Memiliki hobi menulis dan juga sibuk menjadi freelance di salah satu media online di indonesia.