Cara Transfer GoPay ke GoPay untuk Berbagi Saldo ke Kerabat dan Sahabat

Cara transfer GoPay ke GoPay

Cara transfer GoPay ke GoPay – GoPay adalah salah satu dompet digital yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang transportasi, GoJek. GoPay sendiri merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh GoJek untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan transaksi.

Dari sekian banyaknya keuntungan dari penggunaan GoPay, salah satunya adalah Anda dapat melakukan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna GoPay ataupun ke rekening bank. Berikut adalah cara transfer GoPay ke GoPay dan juga ke rekening bank yang dapat Anda simak.

Bagaimana Cara Transfer GoPay ke GoPay?

Cara transfer GoPay ke GoPay
Cara transfer GoPay ke GoPay

GoPay menyediakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk berbagi atau mengirim saldo kepada pengguna GoPay lainnya. Akan tetapi, untuk dapat menggunakan fitur ini, terlebih dahulu Anda harus melakukan upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus. Oleh sebab itu, apabila Anda mencari “cara transfer GoPay ke GoPay tanpa upgrade”, maka jawabannya adalah tidak bisa. Berikut adalah tahapan atau cara transfer ke sesama GoPay.

  1. Masuk ke akun GoJek yang sudah Anda miliki
  2. Pilih fitur Bayar yang terdapat pada halaman beranda aplikasi GoJek
  3. Pada bagian Bayar dan Kirim, pilih nomor ponsel atau nama kontak yang ingin Anda kirimi saldo GoPay
  4. Masukkan nominal yang ingin Anda kirimkan, kemudian pilih Konfirmasi
  5. Tambahkan catatan atau pesan dengan menggunakan tulisan pada kolom serta pilihan ikon yang telah disediakan
  6. Pilih mode Privasi apabila Anda ingin momen berbagi Anda dilihat oleh teman-teman GoPay dan mode Rahasia apabila Anda hanya ingin momen tersebut diketahui antara Anda dan penerima, kemudian pilih Konfirmasi dan Bayar
  7. Ketikkan PIN GoPay
  8. Anda akan mendapatkan notifikasi apabila transfer saldo GoPay berhasil dilakukan.

Penyebab tidak bisa transfer GoPay ke GoPay

Kegagalan proses transfer GoPay ke GoPay dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Berikut adalah alasan kegagalan transfer GoPay yang kerap terjadi.

  1. Akun GoPay belum diupgrade menjadi akun GoPay Plus. Pasalnya, untuk dapat menggunakan fitur Bayar dan Transfer, GoJek mensyaratkan upgrade akun terlebih dahulu menjadi akun GoPay Plus.
  2. Nomor ponsel teman yang ingin Anda kirimi saldo GoPay belum terdaftar menjadi pengguna GoPay atau terdapat kesalahan input nomor data penerima.
  3. Terjadi gangguan jaringan ketika Anda melakukan transaksi. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki jaringan yang stabil saat akan melakukan transaksi.

Berapa biaya transfer GoPay ke GoPay?

Transfer atau saldo GoPay ke sesama pengguna GoPay tidak dikenakan biaya tambahan. Dalam artian, saldo akun GoPay Anda akan dikurangi sejumlah dengan nominal transaksi yang Anda lakukan tanpa tambahan biaya apapun. Apabila Anda melakukan transfer dengan nominal Rp 50.000,-, maka saldo akan berkurang sejumlah nominal tersebut.

Berapa Maksimal Transfer GoPay ke GoPay?

Limit atau batas saldo maksimal yang diperkenankan untuk akun GoPay Plus adalah Rp 10.000.000,-. Oleh sebab itu, Anda hanya dapat melakukan transaksi transfer dari akun GoPay ke GoPay dengan maksimal transfer sejumlah limit tersebut atau Rp 10.000.000,-.

Apakah Upgrade GoPay Membutuhkan KTP?

Untuk dapat melakukan upgrade dari akun GoPay Reguler ke akun GoPay Plus, Anda perlu melakukan beberapa verifikasi data dengan menggunakan kartu identitas atau KTP. Apabila Anda merupakan Warga Negara Asing, terdapat cara upgrade GoPay tanpa KTP, yaitu dengan menggunakan Paspor. Berikut adalah cara upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus yang dapat Anda lakukan.

  1. Masuk ke aplikasi GoPay dengan menggunakan akun yang Anda miliki
  2. Pilih menu Lainnya
  3. Pilih Upgrade Akun GoPay
  4. Pilih Upgrade Sekarang
  5. Ambil foto atau potret kartu identitas berupa KTP atau Paspor yang Anda miliki. Pastikan hasil foto memiliki kualitas yang baik dan informasi dapat terbaca dengan jelas
  6. Ambil atau potret foto Anda dengan memegang KTP (selfie). Pastikan hasil foto terlihat dengan jelas atau tidak buram
  7. Pilih Upgrade Sekarang. Jika sudah, Anda hanya perlu menunggu permintaan upgrade Anda disetujui oleh pihak GoJek. Apabila permintaan ditolak, Anda dapat melakukan pengajuan kembali dengan cara yang sama.

Apakah Transfer GoPay Membutuhkan KTP?

Proses transaksi transfer GoPay tidak membutuhkan KTP. Pasalnya, GoPay tidak mensyaratkan KTP sebagai syarat transfer. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan transfer GoPay tanpa KTP ke rekening. Akan tetapi, untuk dapat melakukan transfer saldo GoPay, Anda perlu melakukan upgrade akun GoPay milik Anda menjadi GoPay Plus.

Untuk proses upgrade tersebut, Anda membutuhkan kartu identitas diri berupa KTP atau Paspor. Kartu identitas berupa Paspor umumnya digunakan oleh Warga Negara Asing.

Bagaimana Cara Transfer GoPay ke Rekening

Proses transfer dapat Anda lakukan apabila akun Anda sudah diupgrade menjadi GoPay Plus. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke aplikasi GoPay dengan menggunakan akun yang sudah Anda daftarkan
  2. Pilih fitur Bayar yang terdapat di bagian beranda aplikasi
  3. Pilih Ke Rekening Bank
  4. Pilih Transfer Instan ke Rekening Baru
  5. Pilih bank tujuan
  6. Masukkan nomor rekening tujuan
  7. Pilih Lanjut
  8. Pastikan nominal dan data sudah sesuai, lalu pilih Konfirmasi.

Baca juga : Simpel! Ini Dia Cara Transfer GoPay ke OVO Paling Mudah

Demikianlah beberapa informasi terkait salah satu layanan dari GoPay GoJek yaitu, cara transfer GoPay ke GoPay dan juga beberapa informasi terkait lainnya. Dengan adanya fitur ini, tentunya mempermudah Anda untuk berbagi saldo GoPay ke teman maupun sanak saudara.

You May Also Like

About the Author: Ahmad R

Fokus di dunia jurnalistik, Memiliki hobi menulis dan juga sibuk menjadi freelance di salah satu media online di indonesia.