Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Semua Operator

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kami dari provider.id akan memberikan informasi mengenai cara registrasi kartu prabayar semua operator. Apakah kamu sudah melakukan pendaftaran atau registrasi ulang pada kartu SIM yang kamu gunakan? Jika belum, maka jangan sampai kartu yang kamu gunakan tersebut terkena blokir.

Mungkin kamu belum melakukan proses registrasi kartu SIM karena masih belum tahu atau masih bingung mengenai cara registrasi kartu prabayar semua operator. Oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan membagikan caranya agar kamu bisa melakukannya sendiri dan kartu terbebas dari blokir.

Kenapa Registrasi Kartu Prabayar Saat ini diwajibkan?

Saat ini sudah ada aturan baru mengenai registrasi kartu SIM prabayar yang tertuang di dalam peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Komunikasi.

Registrasi kartu prabayar ini dilakukan oleh pemerinyah sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan dan penyalahgunaan, seperti diantaranya maraknya berbagai penipuan yang menggunakan layanan provider seluler untuk menjalankan aksinya.

Dalam proses registrasi ini, setiap pengguna SIM akan diwajibkan untuk melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada bagian KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Proses registrasi ini wajib dilakukan oleh semua orang atau pelanggan yang menggunakan provider yang ada di Indonesia, baik itu pelanggan baru ataupun pelanggan lama.

Lalu untuk setiap pengguna, berapakah jumlah kartu yang bisa diregistrasi oleh satu pengguna?

Diawal diberlakukannya aturan ini, Kominfo mengeluarkan aturan bahwa satu NIK KTP hanya bisa didaftarkan sebanyak tiga nomor kartu prabayar menggunakan data yang sama melalui SMS ke 4444.

Namun, mulai pada bulan Mei tahun lalu, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad M. Ramli memberikan pengumuman terbaru bahwa ketentuan batas maksimal registrasi kartu prabayar sudah tidak diberlakukan lagi.

Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan serta komitmen yang diberikan oleh pemerintah agar usaha mikro atau kecil terjaga keberlangsungannya. Karena usaha mikro memang menjadi salah satu penyokong bisnis telekomunikasi.

Nah, bagi kamu yang sudah penasara mengenai bagaimana cara registrasi kartu SIM prabayar semua operator, silahkan langsung disimak semua caranya dibawah ini!

Kumpulan Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar untuk Semua Operator

Saat ini seluruh pengguna yang menggunakan layanan telekomunikasi dari berbagai operator seluler di Indonesia wajib untuk melakukan registrasi kartu SIM prabaya yang digunakannya agar tidak di blokir. Berikut caranya sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel (SimPATI)

Kartu prabayat pertama adalah Telkomsel yang pastinya memiliki banyak sekali pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa melakukan pendaftaran pelanggan baru atau registrasi ulang pelanggan lama operator Telkomsel (SimPATI) kamu bisa mengirim SMS melalui nomor 4444 dengan mengikuti format:

Tipe PelangganFormat
Pelanggan Baru (Kartu SIM Perdana)REG(spasi)NIK#No.KK#
Pelanggan Lama (Kartu SIM Aktif)ULANG(spasi)NIK#No.KK#

Cara Registrasi Kartu XL Axiata

Berikutnya ada kartu XL yang juga memberikan berbagai macam layanan telekomunikasi ke berbagai penggunanya yang tersebar dari kota hingga pelosok desa di seluruh Indonesia. Untuk bisa melakukan pendaftaran pelanggan baru ataupun melakukan registrasi ulang jika merupakan pengguna lama maka kamu cukup mengirimkan SMS melalui nomor 4444 mengikuti format dibawah ini:

Tipe PelangganFormat
Pelanggan Baru (Kartu SIM Perdana)DAFTAR#NIK#No.KK
Pelanggan Lama (Kartu SIM Aktif)ULANG#NIK#No.KK

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo, Tri dan Smartfren

Selanjutnya ada kartu yang menawarkan berbagai macam layanan telepon ataupun SMS yang cukup terjangkau. Kartu tersebut adalah Indosat Ooredoo, Tri, dan Smartfren. Untuk mendaftar jika kamu menggunakan salah satu dari kartu tersebut maka kamu dapat mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format:

Tipe PelangganFormat
Pelanggan Baru (Kartu SIM Perdana)NIK#No.KK#
Pelanggan Lama (Kartu SIM Aktif)ULANG#NIK#No.KK#

Cara Registrasi Kartu Prabayar via Online

Selain mengirim SMS singkat, kamu juga bisa melakukan registrasi kartu SIM prabayar yang kamu gunakan secara online melalui website resmi operator seluler di Indonesia.

ProviderTautan Registrasi Kartu
Telkomsel (Simpati)https://mobi.telkomsel.com/ulang
Indosat Ooredoohttps://myim3.indosatooredoo.com/registration
Trihttps://registrasi.tri.co.id/
Smartfrenhttps://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Note:
Registrasi kartu SIM pebayar yang kamu miliki sebaiknya dilakukan cepat agar tidak terblokir atau kena blokir dari operator seluler yang kamu gunakan layanannya.

Cara Cek Kartu SIM Sudah Teregistrasi atau Belum untuk Semua Operator

Jika kamu masih belum yakin apakah kartu SIM prabayar yang kamu gunakan sudah teregistrasi atau belum kamu bisa mengecek ulang melalui website, SMS atau kode dial melalui smartphone yang kamu miliki.

Fitur ini sudah tersedia sejak akhir 2017. Untuk melakukannya, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah dari masing-masing operator berikut.

ProviderCara Cek Nomor Teregistrasi
TelkomselKunjungi https://www.telkomsel.com/cek-prepaid
XL AxiataDial up pada menu *123*4444#
Indosat OoredooKunjungi https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/
TriKetik Status kirim ke 4444
SmartfrenKunjungi https://my.smartfren.com/check_nik.php

Sebagian besar orang pasti suka menggonta-ganti kartu SIM yang digunakannya dan banyak diantara kartu yang digunakan hanya digunakan sebentar saja kemudian dibuang. Sebelum membuang kartu yang kamu gunakan ada baiknya jika di UNREG lebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kartu tersebut tidak disalahgunakan. Bisa saja orang yang mendapatkan kartu yang kamu buang menggunakannya untuk melakukan penipuan terhadap orang lain dengan menggunakan nama kamu.

Nah, demikianlah informasi dari kami mengenai cara registrasi kartu prabayar semua operator . Kamu tinggal mengikuti salah satu cara diatas yang sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan. Semoga artikel dari kami kali ini bermanfaat yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =