cara memperpanjang masa aktif indosat

Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

Posted on

Masa aktif kartu Indosat anda akan segera berakhir? tenang, anda dapat menambah masa aktif sesuka hati dengan mengikuti panduan cara memperpanjang masa aktif Indosat. Kita tahu bahwa Indosat merupakan salah satu provider terbesar di Indonesia. Indosat bisa dibilang menjadi kompetitor berat bagi provider seperti Telkomsel, XL, 3, maupun Smartfren, maupun. Selain gencar menawarkan paket promo internet murah, Indosat juga menawarkan perpanjangan masa aktif untuk para pengguna kartu Indosat yang masa aktif kartunya akan habis.

cara memperpanjang masa aktif indosat

Indosat kini telah berubah menjadi Indosat Ooredoo. Banyak sisi kelebihan dari provider satu ini. Terutama dalam hal penawaran harga paket internet yang sangat murah. Tetapi tetap disisi lain memiliki kekurangan, yaitu masa aktif kartunya yang cukup singkat atau cepat habis. Jadi diperlukan usaha untuk menambah masa aktifnya supaya bisa aktif lebih lama.

Para pengguna Indosat, baik itu Mentari maupun IM3, banyak yang mengeluhkan masa katif kartunya cepat habis. Ketika masa aktif kartu sudah habis, maka penggunanya tidak dapat melakukan aktifitas seperti; mengirim pesan, melakukan panggilan maupun menerima panggilan, mengakses internet, hingga streaming video. Masa aktif kartu yang sudah habis terlebih dahulu berubah menjadi masa tenggang. Masa tenggang umumnya 30 hari. Masa tenggang menjadi kesempatan untuk melakukan perpanjangan masa aktifnya. Apabila selama 30 hari pengguna kartu Indosat tidak melakukan perpanjangan, maka pihak operator akan memblokirnya. Jika kartu sudah terblokir, maka akan sulit untuk mengaktifkannya kembali. Solusinya yaitu dengan mendatangi gerai Indosat terdekat di kota tinggal. Masih untung bila perpanjangan kartu dapat dilakukan, terkadang kartu sudah dijual ulang dan sudah dibeli dan digunakan oleh pengguna lain, maka pemilik sebelumnya hanya bisa gigit jari.

Bila anda tidak menginginkan kartu Indosat anda jangan sampai terblokir, maka kartu selalu aktif. Caranya dengan selalu melakukan perpanjangan masa aktif secara berkala. Sebaiknya jauh-jauh hari sebelum masa aktif kartu berakhir, maka anda menambah masa aktifnya. Lalu bagaimanakah cara memperpanjang masa aktif kartu Indosat?

6 Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

Kami memberikan panduan 6 cara menambah masa aktif kartu Indosat, antara lain; membeli / mengisi pulsa, menukar pulsa, mentransfer pulsa, menukar poin, membeli masa aktif, dan membeli paket data.

1. Membeli Pulsa (Mengisi Pulsa)

Membeli pulsa atau mengisi pulsa ini merupakan cara yang paling mudah dan pada umumnya sudah diketahui para pengguna ponsel. Ketika masa aktif kartu Indosat mau habis bahkan sudah habis dan masuk masa tenggang, maka yang biasa dilakukan oleh banyak orang ialah dengan mengisi pulsa. Cara membeli pulsa sangat mudah, yaitu membelinya di konter, toko online, toko kelontong yang menjual pulsa, internet banking, ATM, toko online, marketplace, dan lain sebagainya.

Lama tidaknya masa aktif ditentukan berdasarkan besar kecilnya nominal pulsa yang anda beli. Semakin besar nominal pulsa yang anda beli, maka semakin besar masa aktif yang anda dapatkan.

Berikut ini adalah daftar nominal pulsa dari Indosat beserta masa aktifnya yang berdasarkan pada sumber Indoosat Ooredoo:

  • Pulsa nominal 5.000 masa aktif selama 7 hari
  • Pulsa nominal 10.000 masa aktif selama 10 hari
  • Pulsa nominal 25.000 masa aktif selama 30 hari
  • Pulsa nominal 50.000 masa aktif selama 40 hari
  • Pulsa nominal 75.000 masa aktif selama 45 hari
  • Pulsa nominal 100.000 masa aktif selama 60 hari
  • Pulsa nominal 150.000 masa aktif selama 90 hari
  • Pulsa nominal 250.000 masa aktif selama 120 hari
  • Pulsa nominal 500.000 masa aktif selama 120 hari
  • Pulsa nominal 1.000.0000 masa aktid selama 120 hari

Catatan: Pembelian pulsa dengan nominal 250.000, 500.000, dan 1.000.000 atau akumulasi masa aktif 120 hari hanya berlaku pada kartu Mentari saja, sedangkan kartu IM3 akumulasi masa aktif maksimum 90 hari.

2. Menukar Pulsa (Membeli Masa Aktif dengan Pulsa)

Untuk menggunakan cara ini, pastikan kartu Indosat anda masih ada pulsa yang cukup untuk dapat ditukarkan dengan masa aktif. Ada 3 penawaran masa aktif yang bisa anad pilih, yaitu tambahan masa aktif 3 hari, 14 hari, dan 30 hari.

Berikut daftar tambahan masa aktif kartu Indosat beserta harga nominalnya:

  • AKTIF3: Tambahan masa aktif 3 hari dengan harga nominal 2.000
  • AKTIF14: Tambahan masa aktif 14 hari dengan harga nominal 5.000
  • AKTIF30: Tambahan masa aktif 30 hari dengan harga nominal 10.000

Setelah mengetahui kode di atas, selanjutnya silahkan tukar pulsa anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu pesan di ponsel anda
  2. Ketik AKTIF30
  3. Kemudian kirimkan ke 555

Catatan: AKTIF30 di atas hanyalah contoh saja. Apabila anda berminat menukar pulsa dengan masa aktif 14 hari saja, maka menggunakan kode AKTIF14.

3. Mentransfer Pulsa

Cara selanjutnya yaitu dengan mentransfer pulsa dengan nominal tertentu kepada sesama pelanggan Indosat Ooredoo. Terserah anda mau mentransfer pulsa kepada siapa, bisa kepada keluarga, sahabat, maupun orang lain, asalkan sama-sama pengguna kartu Indosat Ooredoo. Pastikan kartu anda tersisa pulsa minimal dengan nominal nomimal 6.000. Karena untuk dapat melakukan transfer pulsa ketentuan nominal 5.000, serta dikenai fee transfer yang dibebankan kepada pengirim dengan nominal 600. Jadi total pulsa yang anda kirimkan sebesar 5.600.

Ada 2 pilihan cara untuk mentransfer pulsa, yaitu melalui SMS dan DIAL. Berikut informasinya:

Cara Mentransfer Pulsa melalui SMS

  • Ketik SMS dengan format: Transferpulsa[spasi]Nomor Tujuan[spasi]Nominal Pulsa | Contoh: Transferpulsa 085748567679 5000
  • Selanjutnya kirim ke 151
  • Setelah itu silahkan anda tunggu sampai mendapatkan SMS yang berisi nomor token
  • Balas SMS tersebut dengan format: OK[spasi]Nomor Token | Contoh: OK 4321
  • Setelah itu anda akan mendapatkan SMS yang menginformasikan bahwa transfer pulsa yang anda lakukan telah berhasil

Cara Mentransfer Pulsa melalui Dial

Adapun cara mentransfer pulsa via Dial cukup muda. Silahkan buka menu panggilan, kemudian Dial ke *123*1513# dan ikuti petunjuknya.

4. Menukar Poin

Cara lain untuk menambah masa aktif kartu Indosat ialah dengan menukarkan poin yang anda punya. Cara mengecek besarnya poin cukup mudah, yaitu dengan buka SMS dan ketik POIN, lalu kirimkan ke 7887. Apabila anda belum terdaftar di Poin Senyum Indosat, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara tulis pesan SMS dengan format: MA[spasi]Jumlah POIN | Contoh: MA Jumlah POIN, lalu kirimkan ke 7887.

Pastikan jumlah poin anda minimal 25 poin. 25 poin yang anda miliki dapat ditukarkan dengan masa aktif 1 minggu. Jadi setiap kelipatan 25 poin dapat ditukarkan dengan masa aktif 1 minggu. Misalnya anda memiliki poin sebanyak 50, maka bisa ditukarkan dengan masa aktif 2 minggu. Lumayan kan?

Berikut cara menukarkan poin Indosat anda dengan masa aktif:

  1. Buka menu pesan, ketik MA[spasi]Jumlah POIN |Contoh: MA 50
  2. Kemudian kirim ke 7887

Caranya mudah banget kan? silahkan ikuti panduan di atas untuk menukarkan poin Indosat yang anda miliki dengan masa aktif.

5. Membeli Paket Hebat

Selanjutnya ada cara menambah masa katif kartu Indosat anda, yaitu dengan membeli paket data. Untuk saat ini tersedia paket Hebat. Yaitu paket internet, nelpon dan SMS yang hemat untuk keluarga.

Cara memperpanjang masa aktif Indosat dengan membeli paket ini bisa anda simak di berikut:

  1. Buka menu pesan, dan ketik HEBAT
  2. Lalu kirim ke 2020

Selain itu, anda bisa juga membeli paket Hebat melalui Dial. Buka menu panggilan, dan lakukan Dial *888*3*1*6#

Catatan: Pembelian paket Hebat ini dikenai biaya sebesar 500. Pastikan tersedia pulsa yang cukup untuk mendaftar.

Baca Juga: Kode Paket Internet Murah Indosat

Gravatar Image
Saya senang bisa sharing pengalaman seputar paket internet, bisnis pulsa, dan informasi terkait lainnya.