Cara Isi Pulsa Listrik Layanan Listrik Prabayar PLN

Diposting pada

Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-harinya. Setiap orang memanfaatkan energi listrik yang ada untuk memenuhi berbagai keperluan baku diantaranya urusan rumah, kantor, sekolah, supermarket dan yang pastinya memenuhi kebutuhan pribadi seperti mengisi daya smartphone.

Tidak hanya, smartphone yang membutuhkan energi listrik akan tetap peralatan elektronik lain seperti kulkas, mesin cuci, televisi lampu rumah, AC, komputer, laptop, gadget, oven, setrika, rice cooker dan masih banyak lagi alat elektronik lainnya juga membutuhkan energi listrik agar dapat berfungsi. Keberadaan listrik sangat banyak manfaatnya utamanya untuk memenuhi segala kegiatan dan kebutuhan sehari-hari.

PLN menyediakan Listrik Pintar atau Prabayar

Pengguna Listrik lama, menggunakan listrik dengan sistem layanan pascabayar yang artinya listrik akan dibayar setelah pemakaian jangka waktu 1 bulan. Namun, saat ini PLN atau Perusahaan Listrik Negara melakukan terobosan baru dengan menghadirkan layanan listrik prabayar atau biasa disebut listrik pintar.

Berbeda dengan listrik pascabayar, listrik prabayar mengharuskan pelanggan untuk membeli pulsa listrik terlebih dahulu sesuai dengan nominal tertentu dan membayarnya. Setelah itu kita bisa menggunakan listrik sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli. Dengan menggunakan listrik prabayar para pelanggan mendapatkan kemudahan untuk mengontrol pemakaian listriknya sehingga bisa lebih hemat dan bisa pula mengisi listrik dengan bebas kapan saja pelanggan kehabisan listrik.

Jika pulsa listrik sudah habis, tidak perlu khawatir karena kamu bisa membeli atau isi pulsa listrik melalui minimarket atau supermarket terdekat yang menyediakan pengisian pulsa listrik seperti di Alfamart dan Indomaret. Pada saat pembelian kamu akan diberikan struk pembayaran yang berisi nomor unik yang akan diberikan oleh kasir. Nah, nomor unik inilah yang nantinya kamu masukkan ke dalam Meter Prabayar atau MPB yang tertera di tempat kamu melalui sistem ‘token’ atau pulsa.

Listrik pintar berupa layanan listrik prabayar ini adalah layanan baru yang disediakan oleh PLN. Sebagian besar pengguna listrik PLN masih bertahan dengan layanan lama yakni pascabayar dan juga belum mengetahui bagaimana cara isi pulsa listrik yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, pada postingan kali ini kami akan membagikan caranya dibawah ini.

Cara Isi Pulsa Listrik

Selain di minimarket atau supermarket, kamu juga bisa mendapatkan pulsa listrik di kantor pos, penjual pulsa, bank atau loket penjual pulsa listrik lainnya. Bagi kamu yang baru pertama kali membeli pulsa listrik, ada baiknya jika membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar.

Pada kartu identitas ini, terdapat nomor meteran yang dibutuhkan ketika membeli pulsa listrik agar pulsa listriknya disesuaikan dengan data pengguna listrik yang kamu gunakan. Langsung saja kita simak cara mengisi pulsa listrik berikut ini, ikuti langkahnya hingga akhir yah!.

  1. Berikan kartu identitas pengguna listrik yang kamu milik kepada penjual pulsa listrik, Kartu ini biasanya berisi nomor meteran. Namun, jika kartu ini hilang kamu juga bisa dengan menyebut nomor meterannya saja. Setelah itu, kamu akan diberikan struk yang berisi 20 angka kode token listrik.
  2. Masukkan 20 angka kode token listrik yang terdapat pada struk ke meteran listrik. Cara dengan mengetikkan langsung 20 angka kode token listrik pada meteran kemudai tekan enter.
  3. Jika kode yang kamu masukkan salah ketik, kamu tinggal menghapusnya dengan menekan tombol backspace.
  4. Setelah selesai memasukkan ke 20 angka tersebut, selanjutnya tekan enter. Jika tulisan benar yang muncul pada layar meteran, maka dapat dipastikan kode yang kamu masukkan sudah benar dan dtampilkan jumlah nilai kwh dan daya yang kamu beli.
  5. Namun, jika setelah memasukkan 20 angka token listrik dan muncul tulisan salah, maka kamu harus mengulanginya.
  6. Selesai.

Bagi kamu pengguna listrik prabayar kami sarankan untuk menyimpan struk pembelian pulsa listrik. Nantinya jika pulsa listrik sudah habis dan akan membeli kembali, kamu cukup membawa struk tersebut tanpa harus membawa kartu identitas pelanggan. Biasanya pada struk tersebut sudah tersedia nomor identitas (idpel/id pelanggan) penggunaan listrikmu.

Para penyedia pulsa listrik biasanya menyediakan enam macam nominal pembelia, yakni mulai dari Rp 20.000, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. Ketika pulsa listrik tinggal sedikit atau dalam artian sudah mau habis, maka MPB akan mengeluarkan bunyi dan lampu yang dimiliki akan berkedip merah. Hal ini sebagai penanda bahwa pulsa listrik sudah mau habis.

Listrik Prabayar Akan Membuat Pelanggan Hemat Energi

Murtaqi Syamsuddin selaku Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko (BMR) PLN, mengatakan bahwa layanan listrik prabayar memiliki manfaat yakni memudahkan dalam pembayaran listrik dan mengetahui secara mendetail mengenai pemakaian listrik sehingga pengguna akan menghemat listriknya.

Selain manfaat diperoleh oleh pengguna, PLN juga mendapatkan manfaat ketika penggunaan listrik prabayar karena perusahaan listrik negara ini bisa mengetahui secara lebih akurat dan dalam pencatatan penggunaan listrik pelanggannya. Jadi, kemungkinan kesalahan pencatatan akan sangat kecil. PLN juga tidak usah menugaskan lagi pegawainya untuk mencatat meteran dengan mengunjungi rumah pelanggan.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara isi pulsa listrik dan manfaat yang diperoleh ketika menggunakan layanan listrik prabayar dari PLN. Disarankan bagi kamu untuk melakukan pembelian dan pengisian pulsa listrik seperti cara pengisian yang telah kami berikan diatas.

Agar kamu tidak mengalami kehabisan pulsa listrik pada saat tengah malam. Meskipun hal ini terjadi, kamu juga bisa membeli pulsa listrik dengan mudah meskipun sudah tengah malam secara online melalui online shop ataupun melalui e-banking yang juga menyediakan layanan pembelian pulsa atau voucher listrik. Saat ini setidaknya ada sekitar 58 bank yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak PLN sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir untuk membeli pusla listrik pada waktu yang mendesak.

Hal ini agar kamu tidak mengalami kehabisan pulsa listrik pada tengah malam. Walaupun hal tersebut terjadi, kamu bisa juga membeli pulsa listrik secara online melalui online shop atau melalu e-banking yang menyediakan pelayanan pembelian vocher pulsa listrik. Saat ini sudah ada sekitar 58 bank yang telah bekerja sama dengan PLN sehingga kamu tak perlu khawatir untuk membli pulsa listrik diwaktu terdesak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + nine =