Mudah! Inilah Cara Cek Pulsa Smartfren dengan Benar

Posted on

Bingung bagaimana cara cek pulsa smartfren? Seperti yang kita tahu, Smartfren atau PT Smartfren Telecom Tbk. Adalah salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini mulai berdiri pada tahun 2003 dengan produk unggulannya Fren dan Esia. Hingga pada tahun 2010, Smartfren mulai dikenalkan ke masyarakat luas.

smartfren
smartfren

Layanan telekomunikasi Smartfren dapat digunakan oleh pelanggan dengan terlebih dahulu membeli pulsa atau kuota yang disediakan oleh Smartfren. Berikut adalah ketentuan mengenai cara pembelian hingga pengecekan layanan dari Smartfren tersebut.

Bagaimana Cara Cek Pulsa Smartfren 2020?

Cara cek pulsa Smartfren GSM dapat Anda lakukan melalui 5 metode sebagai berikut.

Cara cek Pulsa Smartfren Menggunakan UMB

  • Buka fitur Panggilan pada ponsel Anda
  • Ketik *999#
  • Pilih OK/Call
  • Tunggu beberapa saat, kemudian Anda akan mendapatkan tampilan pop up di layar yang menginformasikan sisa pulsa Anda beserta dengan masa aktifnya.

Cara cek Pulsa Smartfren Melalui Pesan SMS

  • Buka fitur Pesan pada ponsel Anda
  • Ketik pesan dengan format CEK
  • Kirim ke 999
  • Anda akan mendapatkan balasan berupa informasi sisa pulsa.

Cara cek Pulsa Smartfren Menggunakan Panggilan Operator

  • Buka fitur Panggilan pada ponsel Anda
  • Klik 999
  • Klik OK/Panggil
  • Tekan tombol 1

Cara cek Pulsa Smartfren Menggunakan Aplikasi dan Website

  • Buka aplikasi MySmartfren atau kunjungi website my.smartfren.com
  • Masuk dengan menggunakan nomor ponsel yang Anda gunakan
  • Pada bagian beranda, Anda akan mendapatkan informasi sisa pulsa Anda tertampil di layar

Bagaimana Cara Cek Pemakaian Pulsa Smartfren?

Pengecekan pemakaian pulsa ataupun kuota pada nomor Smartfren dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu, melalui aplikasi MySmartfren atau melalui kode UMB. Pengecekan melalui kode UMB dapat Anda lakukan dengan mengetikkan kode *995# atau *123# pada fitur Panggilan ponsel Anda. Sedangkan pengecekan melalui aplikasi Smartfren dapat Anda lakukan dengan memilih fitur Balance pada laman beranda aplikasi.

Bagaimana Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri?

Terdapat tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengecekan nomor yaitu, menggunakan UMB, melalui aplikasi MySmartfren, serta melalui layanan SMS. Pengecekan nomor menggunakan UMB dapat Anda lakukan melalui fitur Panggilan dengan mengetikkan nomor *999#. Sedangkan dalam aplikasi MySmartfren, nomor dapat Anda lihat pada bagian kiri atas laman beranda aplikasi. Sementara itu, pengecekan melalui SMS dapat Anda lakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke fitur Pesan pada ponsel Anda
  2. Ketik CEK
  3. Kirim ke nomor 995
  4. Setelah itu, Anda akan mendapatkan balasan pesan yang menunjukkan nomor dari kartu Anda.

Bagaimana Cara Cek Masa Aktif Smartfren?

Cek masa aktif Smartfren dapat dilakukan dengan menggunakan empat cara berikut.

  1. Melakukan panggilan UMB *999#
  2. Mengirimkan pesan SMS dengan format CEK, kirim ke 999
  3. Melakukan panggilan ke nomor 999, kemudian tekan tombol 1
  4. Melalui aplikasi MySmartfren, tepatnya pada laman beranda aplikasi.

Bagaimana Cara Cek Sisa Kuota Smartfren?

Pengecekan sisa Smartfren dapat Anda lakukan dengan 4 cara sebagai berikut.

Melalui SMS

  • Buka fitur Pesan pada ponsel Anda
  • Ketik SMS dengan format Cek
  • Kirim ke 995
  • Anda akan mendapatkan balasan pesan berisi berbagai informasi layanan, termasuk sisa kuota.

Melalui Menu USSD

  • Buka fitur Panggilan pada ponsel Anda
  • Ketik *995#
  • Tekan OK/Call
  • Tunggu beberapa saat, lalu Anda akan menerima pesan SMS berupa informasi sisa kuota Smartfren Anda.

Melalui Aplikasi MySmartfren

  • Unduh aplikasi MySmartfren di Playstore atau App Store
  • Buka aplikasi MySmartfren
  • Buat ID Smartfren menggunakan nomor Anda
  • Masuk menggunakan nomor ID Anda
  • Pada bagian layar beranda, Anda akan mendapati tampilan sisa kuota

Melalui Website MySmartfren

  • Kunjungi website smartfren.com
  • Buat ID Smartfren menggunakan nomor Smartfren yang Anda miliki
  • Masuk dengan menggunakan nomor Smartfren Anda
  • Sisa kuota akan tertampil pada bagian beranda layar.

Cara Beli Paket Smartfren

Pembelian paket Smartfren dapat Anda lakukan dengan mudah melalui berbagai cara yaitu, melalui gerai Smartfren terdekat, melalui counter pulsa, melalui dial phone *123#, atau melalui aplikasi MySmartfren. Anda dapat memilih berbagai jenis paket beserta dengan keterangan harga yang lengkap apabila melakukan pembelian melalui dial up *123# atau melalui aplikasi MySmartfren. Selain itu, pembayaran atas pembelian melalui aplikasi Smartfren dapat Anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan kartu debit, M-Banking, atau internet banking yang Anda miliki.

Cara Daftar Kartu Smartfren

Sejak tahun 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan registrasi kartu kepada pengguna seluruh provider di Indonesia. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan, kemudahan penyediaan pelayanan, dan kepentingan inklusif lainnya. Bagi Anda pengguna smartfren, pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengunjungi gerai Smartfren terdekat atau dengan cara sebagai berikut.

Melalui SMS

  • Buka fitur Pesan pada ponsel Anda
  • Ketik SMS dengan format NIK#Nomor KK (Kartu Keluarga)#
  • Kirim ke 4444

Melalui My Smartfren

  • Kunjungi https://my.smartfren.com/reg
  • Lengkapi data diri seperti, nomor kartu Smartfren, NIK, email, KK, nomor ponsel, dan lain sebagainya
  • Verifikasi menggunakan PUK, SMS, atau kode aktivasi
  • Masukkan kode

Bagaimana Cara Isi Voucher Smartfren?

Pengisian pulsa dengan menggunakan voucher Smartfren dapat Anda lakukan melalui 3 yaitu, melalui layanan pesan (SMS), melalui panggilan, atau melalui IVR. Berikut adalah cara pengisian untuk setiap pilihan.

Melalui Layanan Pesan (SMS)

  • Masuk ke fitur Pesan pada ponsel Anda
  • Ketik format Isi (spasi) 16 digit kode voucher
  • Kirim ke 999

Melalui Panggilan

  • Masuk ke fitur Panggilan
  • Ketik *999* diikuti 16 digit kode voucher
  • Pilih OK/Call

Melalui IVR

  • Masuk ke fitur Panggilan
  • Ketik 999
  • Pilih OK/Call
  • Ikuti instruksi yang diberikan oleh operator

Baca juga :  Server Pulsa Termurah Cek Info Lengkapnya

Penyebab Isi Pulsa Smartfren Gagal Terus

Kegagalan pengisian pulsa yang Anda lakukan melalui gerai Smartfren, marketplace, minimarket, dan lain sebagainya bisa saja terjadi karena adanya gangguan jaringan atau koneksi. Akan tetapi, apabila Anda melakukan pengisian pulsa dengan menggunakan Voucher, biasanya Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi dari 888 mengenai penyebab terjadinya kegagalan pengisian.

Kendala gagalnya pengisian melalui Voucher dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya, kesalahan format pengisian, kode voucher sudah pernah digunakan, atau kesalahan pengisian nomor kode voucher. Apabila Anda mengalami salah satunya, maka Anda dapat memeriksa dan mencoba kembali. Apabila masih belum bisa, Anda dapat menghubungi Customer Care dari Smartfren di nomor 888.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara cek pulsa Smartfren beserta dengan informasi lainnya mengenai penggunaan layanan Smartfren.

 

 

Gravatar Image
Fokus di dunia jurnalistik, Memiliki hobi menulis dan juga sibuk menjadi freelance di salah satu media online di indonesia.