Inilah Cara Bayar OVO PayLater dan Kegunaannya

Posted on

Cara bayar OVO PayLater – OVO PayLater adalah layanan pinjaman yang disediakan oleh perusahaan Peer-to-Peer Lending PT Indonusa Bara Sejahtera (teralite). Layanan ini menyediakan pinjaman dalam bentuk kredit limit. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan OVO PayLater dan juga cara bayar OVO PayLater, simak informasi berikut ini.

Cara bayar OVO PayLater
Cara bayar OVO PayLater

Bagaimana Cara Bayar OVO PayLater 2020?

Layaknya hutang atau pinjaman pada umumnya, Anda memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran dari pinjaman PayLater. Pembayaran tagihan ini dapat Anda lakukan melalui aplikasi Tokopedia. Berikut adalah cara melakukan pembayaran tagihan PayLater melalui aplikasi Tokopedia.

  1. Masuk ke akun Tokopedia yang Anda miliki
  2. Masuk ke bagian Akun di Tokopedia
  3. Pilih Ovo PayLater. Pada menu ini, jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan akan ditampilkan di layar
  4. Pilih Bayar Tagihan. Selanjutnya, akan ditampilkan total pembayaran, batas waktu pembayaran, dan lain sebagainya, lalu klik Bayar
  5. Masukkan nominal yang ingin Anda bayarkan pada bagian Jumlah Pembayaran, lalu klik Bayar
  6. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan.

Bagaimana Cara Bayar OVO PayLater di Aplikasi OVO?

Setiap tanggal 27 pada tiap bulannya, OVO akan memberikan notifikasi yang berisi informasi tagihan OVO PayLater yang harus Anda bayarkan paling lambat tanggal 1 pada bulan berikutnya. Untuk pembayaran, Anda dapat masuk ke laman OVO PayLater dan menekan tombol Bayar Tagihan. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Pilihan pembayaran yang dapat Anda pilih diantaranya adalah OVO Cash, Virtual Account BCA, dan Permata.

Penyebab OVO PayLater Tidak Bisa Digunakan?

Penyebab OVO PayLater tidak bisa digunakan bisa jadi dikarenakan oleh beberapa alasan. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan OVO PayLater Anda tidak dapat digunakan.

  1. OVO PayLater tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi di aplikasi OVO. Pasalnya, limit PayLater yang terdapat di aplikasi OVO hanya dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi di merchant. Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan transaksi di aplikasi OVO, gunakan OVO Point atau OVO Cash sebagai pilihan pembayarannya.
  2. Jumlah penggunaan OVO PayLater Anda sudah melebihi limit yang ditentukan. OVO memberikan batasan atau limit penggunaan OVO PayLater. Jika Anda sudah melebihi limit tersebut, maka secara otomatis Anda tidak dapat melakukan transaksi kembali dengan menggunakan OVO PayLater.
  3. Akun OVO PayLater Anda dibekukan. Jika akun OVO PayLater Anda dibekukan, sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan dapat menggunakan OVO PayLater. Pembekuan OVO PayLater sendiri umumnya dikarenakan terdapat masalah dalam pembayaran tagihan.
  4. Tidak semua merchant menerima pembayaran dengan OVO PayLater. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berbelanja di merchant yang menerima pembayaran OVO PayLater. Hal ini juga berlaku saat Anda melakukan transaksi di Tokopedia.

OVO PayLater Bisa Digunakan Dimana Saja?

Dihadirkan pertama kali pada tahun 2019, OVO PayLater awalnya hanya dapat digunakan secara eksklusif di Tokopedia. Penggunaannya pun terbilang cukup terbatas. Hanya di beberapa merchant saja. Akan tetapi, saat ini OVO PayLater dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi secara offline di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Apakah Limit OVO PayLater Bisa Naik?

Dilansir dari laman resmi OVO, saat ini, OVO masih belum menyediakan layanan yang dapat digunakan untuk mengajukan kenaikan limit OVO PayLater. Akan tetapi, pihak OVO akan senantiasa memantau aktivitas atau transaksi yang dilakukan oleh pengguna OVO agar dapat melakukan penyesuaian limit. Semakin besar transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan OVO PayLater, semakin besar pula kemungkinan limit OVO PayLater Anda akan dinaikkan.

Apa Saja Merchant OVO?

Berdasarkan informasi dari laman resmi OVO, OVO PayLater dapat Anda gunakan pada beberapa merchant sebagai berikut.

  1. Ace Hardware
  2. Bakmi GM
  3. Bata
  4. Brastagi Supermarket
  5. Century
  6. Diamond Supermarket
  7. Dum Dum Thai Drink
  8. Eiger
  9. Foodmart
  10. Gokana
  11. Gramedia
  12. Hokben
  13. Hypermart
  14. Ichiban Sushi
  15. Imperial Kitchen
  16. Informa
  17. Matahari
  18. Miniso
  19. Prima Restaurant
  20. Raa Cha
  21. Ramayanan Department Store
  22. Robinson Supermarket
  23. Shell
  24. Shihlin
  25. Solaria
  26. Sushi Tei
  27. Suzuya
  28. Ta Wan
  29. Timezone
  30. Watsons
  31. Yoshinoya

Apakah OVO PayLater Ada Bunganya?

OVO memberlakukan bunga bulanan sebesar 2,9 persen kepada Pengguna atas nilai pembayaran dari transaksi yang dilakukan menggunakan OVO PayLater. Selain itu, OVO juga memberlakukan bunga tunggakan sebesar 0,1 persen jika terjadi keterlambatan pembayaran. Akan tetapi, selama masa OVO PayLater maintenance yang sedang dilakukan saat ini, pengguna tidak akan dikenakan denda apabila terjadi keterlambatan pembayaran tagihan OVO PayLater.

Penyebab OVO PayLater Dibekukan

Pembekuan layanan OVO PayLater umumnya dilakukan karena adanya kesalahan dari pengguna atau karena alasan keamanan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang menyebabkan layanan OVO PayLater Anda dibekukan.

  1. Pengguna OVO PayLater belum memenuhi batas pembayaran minimal yang ditentukan
  2. Terdapat perubahan data, baik email ataupun nomor ponsel, yang Anda lakukan. Perubahan data tersebut dianggap dapat membahayakan keamanan akun pelanggan. Oleh sebab itu, OVO akan membekukan sementara OVO PayLater hingga pengguna selesai melakukan verifikasi
  3. Penggunaan OVO PayLater Anda sudah melebihi jumlah limit yang ditentukan
  4. Keterlambatan pembayaran tagihan bulanan dari OVO PayLater
  5. Belum dibayarkannya denda keterlambatan pembayaran tagihan OVO PayLater.

Baca juga : Hubungi Call Center OVO Untuk Sampaikan Keluhan Anda

Cara Menonaktifkan OVO PayLater

Penonaktifan layanan OVO PayLater dapat Anda lakukan dengan menghubungi pihak OVO melalui telepon di nomor 021 1500 696, email [email protected], atau melalui Whatsapp di nomor 0815 7788 167. Pastikan Anda melampirkan data validasi berupa foto KTP dan juga KTP selfie sebagai syarat pengajuan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara bayar OVO PayLater beserta dengan beberapa layanan OVO lainnya. Akan tetapi, saat ini layanan OVO PayLater sedang dalam penghentian hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

Gravatar Image
Fokus di dunia jurnalistik, Memiliki hobi menulis dan juga sibuk menjadi freelance di salah satu media online di indonesia.